Cara Mengganti Blogspot.com Dengan Domain Sendiri

Cekdom.com – Mengganti Blogspot.com dengan Domain Sendiri

Ketika kita memiliki website atau blog sendiri, pernahkah terlintas di pikiran untuk mengubah website atau blog yang kita punya, yang awalnya masih memiliki embel-embel wordpress.com ataupun blogspot.com, menjadi website dengan nama domain sendiri?

Wah, jika nama domain yang kita punya tidak ada embel-embel kata-kata itu, kelihatannya lebih bagus, bukan? Lalu, kenapa harus pakai domain sendiri?

Sebenarnya hal ini bukanlah hal yang besar atau seserius itu, tapi jika kamu menggunakan domain sendiri, bayangkan kamu sebagai si pembaca, pasti website atau blog yang kamu punya akan terlihat lebih professional, kan?

Apalagi jika kamu memang hobi menulis dan sudah memutuskan untuk terjun secara serius ke dunia tulis menulis, terutama lewat artikel di internet, maka mengganti blogspot.com adalah hal yang sangat direkomendasikan.

Dengan menggunakan domain sendiri, nama blog atau website yang kamu punya akan terkesan lebih ringkas dan tidak berbelit-beli karena ada embel-embel blogspot.com.

Cara Mengganti Blogspot.com Dengan Domain Sendiri

Selain itu, dengan mengganti blogspot.com dengan domain sendiri, pengunjung laman akan menjadi lebih mudah dalam mengingat nama domainmu.

Lalu, bagaimana cara mudah untuk mengganti blogspot.com dengan domain sendiri? Di bawah ini akan dijelaskan langkah- langkah yang harus kamu tempuh untuk melakukannya. Simak dengan seksama, ya!

Langkah Mengganti Blogspot.com dengan Domain Sendiri

1. kamu harus menyewa atau yang paling mudah, membeli domain di perusahaan atau tempat yang menyediakan domain dan hosting.

Hal ini sangat penting sebab nama domain mungkin saja sudah terpakai, oleh karena itu kamu perlu mengetahui apakah nama domain itu masih tersedia sehingga kamu punya hak kepemilikan atas nama domain yang kamu daftarkan.

2. setelah domain sudah didaftarkan, buka dashboard blogger, pilih setting, kemudian pilih bagian penerbitan. Klik bagian “+Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda.”

3. ketik nama domain yang sudah anda tentukan dan daftarkan. Jangan lupa menyertakan www dan .com pada akhir alamat dan tentunya tanpa embel-embel lagi. Klik simpan.

Kemudian akan muncul peringatan berwarna merah. Peringatan ini bisa kamu kesampingkan . Perhatikan kode atau tulisan di bawahnya, 2 kolom dan 2 baris CNAME. Keduanya nanti akan digunakan untuk konfigurasi di DNS domain. Simpan kode tersebut.

4. masuk ke member area pada jasa penyedia domain yang kamu gunakan. Setiap tempat penyedia domain mungkin berbeda- beda, tapi intinya tetap saja. Kemudian log in.

5. masuk pada bagian manage domain. Klik menu blogspot, kemudian akan muncul 2 kolom, kolom host, dan juga kolom destination. Masukkan kode CNAME tadi lalu save.

6. (pada beberapa penyedia jasa domain mungkin berbeda) klik menu A Record dan masukkan DNS:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Klik save.

7. kembali ke dashboard blog awal dan pada bagian penerbitan klik save. Tunggu beberapa saat. Jika proses berhasil, maka blog sudah dapat diakses dengan domain .com (jika tidak biasanya karena masalah DNS belum tersimpan dengan benar).

Terakhir, lengkapi redirect domain. Masuk setelah penerbitan, lalu klik Edit pada domain yang sudah tersimpan. Centang / tandai kotak “teruskan namablog.com ke www.namablog.com.