Tips Memilih Domain yang Baik dan Benar

Cekdom.com – Kira-kira perlu ga sih tips dalam memilih nama domain yang baik dan benar?

Oke, ini semua tergantung dari ide mula anda kenapa ingin membuat sebuah website.

  1. Cerita Sehari-Hari (Blogging)
  2. Promosi Bisnis Offline Anda
  3. Cari Uang Dari Sebuah Web (Webmaster)

Nanti akan kita bahas satu-satu, next chapter..

Apakah anda salah satu dari sekian banyak orang yang hobi membaca atau menulis? Hobi membaca apalagi menulis adalah hobi yang sangat menyenangkan dan mudah untuk dilakukan.

Jika anda hobi menulis dan tidak sempat untuk menuliskannya di jurnal harian, entah karena ribet atau tidak efisien, anda bisa lho menggunakan website atau blog untuk menuliskan semua ide-ide dalam sebuah artikel dalam website.
beberapa-tips-untuk-memilih-nama-domian-yang-baik-dan-cocok-untuk-sang-pemilikSelain mudah dan efektif, dengan menuliskan gagasan-gagasan unik di website atau blog, anda akan lebih mudah untuk membuat tulisan dibaca orang dan membuatnya menjadi terkenal. Menarik dan menyenangkan, bukan?

Tapi, sebelum menuangkan ide-ide lewat sebuah artikel yang akan anda post di website atau blog, anda harus terlebih dahulu menentukan domain apa yang cocok untuk website atau blog yang akan anda bangun.

Domain ini sebagai identitas yang paling menonjol dan kelihatan sekali ketika orang membaca tulisan.

Ketika sebuah artikel dinilai menarik dan informatif, serta sesuai dengan apa yang orang cari saat itu, maka orang atau si pembaca pasti akan melihat dan berusaha mengingat-ingat nama domain.

Oleh karen itu, bisa dibilang jika nama domain adalah sesuatu yang sangat penting dan jangan sembarangan untuk membuatnya! Bagaimanakah dan apa sajakah tips-tips untuk dapat memilih nama domain yang baik? Simak beberapa tips di bawah, ya!

Cara Memilih Domain yang Berkualitas

 

Siapkan cofee dan kertas…. lalu pandangi langit biru di luar sana.

1. Tentukan jenis website atau blog yang akan anda buat. Kalau anda menyukai hal-hal yang berbau puisi dan karangan sajak, maka anda harus membuat nama domain yang tentu saja berhubungan dengan puisi atau karangan sajak.

Misalnya, kumpulanpuisi.com, rangkaiankarangan.com, atau nama-nama lainnya, buat sesuai kreativitas!

2. Jangan pernah menggunakan nama domain yang sudah ada. Apalagi jika nama domain yang anda pilih adalah nama domain yang sudah terkenal sejak lama. Selain langsung kalah bersaing, anda kemungkinan akan dituntut karena menggunakan nama yang sama.

Ini berlaku jika nama tersebuh merupakan sebuah brand, misal saja samsung, iphone, google, dsb

3. Kalau anda memutuskan untuk membuat website atau blog yang bersifat pribadi atau berkaitan dengan kegiatan yang anda lakukan sehari-hari, maka buatlah nama domain menggunakan nama sendiri.

Selain karena mudah dikenali, nama domain dengan nama prbadi tergolong unik.

4. Buatlah nama domain yang unik dan mudah diingat. Jangan membuat nama domain yang terlalu panjang karena selain tidak efektif, orang akan lebih mudah mengingat nama domain yang tidak terlalu panjang tapi mengena karena unik.

5. Sangat disarankan untuk tidak menggunakan kata-kata atau karakter yang tidak perlu di dalam nama domain. Kenapa begitu? Karena karakter yang ditambahkan bisa jadi akan mempengaruhi kekuatan SEO.

Demikian beberapa tips untuk memilih nama domain yang baik. Semoga setelah membaca tulisan ini, anda jadi mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dapat menemukan nama domain yang cocok.